TUGAS
MAKALAH
Bisnis Waralaba
"Franchise Ayam Gepuk"
DOSEN: Charism Ayu
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
Elton
Salim (1519200114)
Theresa
Indriany (1519200057)
STIE
MDP
PALEMBANG
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat, sehingga aktifitas hidup
yang kita jalani ini akan selalu membawa keberkahan, baik kehidupan di alam
dunia ini, lebih-lebih lagi pada kehidupan akhirat kelak, sehingga semua
cita-cita serta harapan yang ingin kita capai menjadi lebih mudah dan penuh
manfaat.
Terima kasih sebelum dan sesudahnya
kami ucapkan kepada Dosen serta teman-teman sekalian yang telah membantu, baik
bantuan berupa moriil maupun materil, sehingga makalah ini terselesaikan dalam
waktu yang telah ditentukan. Kami menyadari sekali, didalam penyusunan makalah
ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangnya, baik dari
segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian kepada dosen serta
teman-teman sekalian, yang kadangkala hanya menturuti egoisme pribadi, untuk
itu besar harapan kami jika ada kritik dan saran yang membangun untuk lebih
menyempurnakan makalah-makah kami dilain waktu.Terima kasih
Palembang, 03 Maret 2018
Penulis
•Nama waralaba : Ayam gepuk Pak gembus
•Profil pemilik:
•Profil pemilik:
Nama : Hendry Santosa
TTL : Palembang,11 November 1990
Pekerjaan : salah satu Owner dari ayam gepuk pak gembus Cabang Celentang palembang
Gambaran Usaha
Ayam Gepuk pak gembus merupakan salah satu bisnis kuliner yang dijalankan awalnya di Jakarta. bermula dari 1 franchise, berhasil tersebar luas ke banyak daerah di jakarta, kemudian merambat ke daerah Palembang. Saat ini master dari Ayam gepuk Berlokasi di Plaju, sebagai master yang berada Di Palembang.Sekitar tahun 2015 Ayam gepuk masuk ke kota Palembang, dan sampai sekarang total franchise mencapai 40an cabang di palembang.Dari banyaknya cabang yang ada salah satunya bertempat di Ayam Gepuk Pak gembus Celentang
Ayam gepuk pak gembus celentang melakukan franchise pada tanggal 01 Februari 2017, berkembang sampai saat ini, usaha ini seperti Yang kita Ketahui bahwa banyak kita jumpai ayam gepuk di banyak daerah di kota palembang. Bisnis kuliner ayam ini saat ini sedang diminati oleh banyak pewaralaba dan diminati juga oleh masyarakat.
PENJELASAN:
1.ASPEK PRODUK
2.ASPEK PEMASARAN
3.ASPEK SDM
4.ASPEK PEMASARAN
1. ASPEK PRODUK
Dalam Franchise ini produk yang ditawarkan adalah Ayam Goreng yang digepuk dan diberi sambal ulek dari perpaduan cabai,kacang,wijen dan bawang. Produk yang dijual hanya ayam goreng saja, tetapi ada tambahan lain seperti sayur asam, tahu tempe, dan nasi uduk. Di ayam gepuk celentang sendiri selain ada nasi, ada juga dijual mie goreng yang dapat dipadukan dengan sambal khas gepuk.
2. ASPEK PEMASARAN
Ayam Gepuk Pak Gembus dipasarkan secara langsung dengan membuka ruko yang beroperasi setiap hari dari Jam 10pagi-10malam termasuk hari libur, kecuali Hari Raya. Ayam Gepuk Pak Gembus sendiri juga ada melakukan pemasaran secara online yaitu aplikasi instagram tetapi tidak terlalu aktif, pemasaran mouth to mouth juga dilakukan dan berpengaruh cukup besar terhadap perkembangan ayam gepuk pak gembus cab.celentang dari awal buka sampai di saat ini.
3.Aspek SDM (SUMBER DAYA MANUSIA)
Dalam melakukan operasional penjualan Ayam Gepuk pak Gembus ini, Owner mempekerjakan 8orang pegawai yang diantaranya dibagi ke beberapa bagian seperti 2 orang bagian ulek sambal, 1 orang bagian goreng ayam, 1 orang kasir, 2 orang pramusaji dan 2 orang bagian dapur. Di luar hari minggu pegawi mendapatkan masing-masing hari libur.
4. ASPEK KEUANGAN DAN AKUTANSI
Ayam Gepuk Pak gembus saat awal pembukaan membutuhkan modal awal sebesar 50juta termasuk biaya renovasi dan sewa ruko.
Keuangan dikelola oleh Owner dan kedua temannya. Sampai saat ini penghasilan dari ayam gepuk sudah membalikkan modal para owner. Penjualan Ayam dalam sehari mencapai 100-150potong diluar tahu dan tempe.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OBYEK BISNIS
KELEBIHAN:
•BEP terjadi secara cepat.
•Penjualan yang relatif seimbang dari hari ke hari
•Tetap digemari masyarakat dari awal buka sampai saat ini.
•Harga yang murah membuat ayam gepuk menjadi pilihan masyarakat.
•Adanya Penambahan nasi gratis merupakan salah satu strategi yang memikat pelanggan.
•Rasa sambal yang pedas dari resep pusat memikat pelanggan.
KEKURANGAN:
•Saingan dengan jenis bisnis yang sama banyak dimana-mana.
•Menu yang ditawarkan hanya 1jenis sehingga dapat mengakibatkan kemungkinan terbesar masyarakat menjadi bosan
•Adanya brand lain yang menjual produk sejenis di dekat lokasi.
•Tidak membuat masyarakat harus mendatangi tempat ini, karena di setiap daaerah dapat dijumpai dengann rasa yang sama walaupun kualitas yang berbeda.
PELUANG DAN ANCAMAN OBYEK BISNIS
PELUANG
Peluang yang ada di dalam bisnis kuliner ayam gepuk ini adalah menguntungkan dalam hal keuangan. Pembalikan modal yang cepat, pengenalan brand yang tersebar cepat dan diketahui banyak orang sehingga tidak sulit untuk melakukan pegenalan dari awal lagi, brand dikenal masyarakat membuka peluang bisnis ini menjadi diminati lebih besar.
ANCAMAN
•Franchise makanan dengan cabang yang sangat banyak di satu kota membuat sesama cabang terancam.
•Saingan dengan penjualan sejenis di dekat daerah membuat pembeli terpecah ke banyak tempat.
- Kurang variatif menu yang diberikan membuat masyarakat merasa jenuh terhadap satu menu saja bisnis ini menjadi diminati lebih besar.
SOLUSI PERBAIKAN
•Selalu memberikan pelayanan yang terbaik demi menjaga kelayakan bisnis ayam gepuk.
•Menjaga kualitas rasa terhadap makanan yang disajikan, sehingga walaupun banyak cabang tetapi kita memilikki kualitas yang berbeda.
•Menerima Kritik dan Saran dari pelanggan untuk membuat bisnis semakin hari menjadi semakin baik.
•Melakukan Promosi baik promosi melalui brosur atau internet dan juga media sosial.
TERIMAKASIH.








No comments:
Post a Comment